Senin, 31 Agustus 2009

KAPASITAS PARKIR DAN DAYA TAMPUNG JAMAAH ISLAMIC CENTER SAMARINDA



Islamic Center Samarinda yang desain menaranya diilhami dari Masjid Nabawi Madinah sedangkan Kubahnya diilhami dari masjid Haghia Sophia Istambul, Turki ini menempati area seluas +/- 8 Hektare. Dengan area yang seluas ini jamaah sangat nyaman untuk melaksanakan ibadah dan untuk memarkir kendaraannya. Dan juga penghijauan di sekeliling bangunan dengan pohon kurma sebagai peneduh yang memberi ciri khas Timur Tengah, yang ditanam di halaman depan Masjid.

Pada Lantai Basement digunakan untuk area parkir kendaraan 200 mobil dan 138 buah sepeda motor. Selain itu juga disediakan toilet pria dan wanita untuk para jamaah. Di lantai tersebut pula terdapat Ground water Tank (GWT) sebagai penampungan air bersih untuk toilet dan tempat wudhu.

Pada halaman depan yang disebut Plaza Dalam dan Plaza Luar mampu menampung jamaah sebanyak 10.000 orang. Sedangkan untuk area parkirnya disediakan disamping kiri, kanan dan sisi belakang masjid yang mampu menampung 391 mobil dan 430 sepeda motor. Di Plaza ini terdapat Fountain di sisi kiri dan kanan yang berfungsi sebagai tempat wudhu.

Lantai Dasar sigunakan sebagai Ruang Multipurpose. Di ruangan yang mampu menampung 5.000 orang ini sering digunakan untuk tempat resepsi pernikahan maupun seminar dan Tabligh Akbar.

Lantai Utama digunakan sebagai ruang Sholat. Lantai ini mampu menampung jamaah sebanyak 20.000 orang. Untuk menuju lantai utama ini bisa diakses dengan menggunakan tangga utama dari Lantai dasar menuju Lantai Utama. Yang unik dari tangga utama ini adalah jumlahnya yang 33 anak tangga yang mencerminkan jumlah tasbih.

Diatas Lantai Utama terdapat Lantai Mezzanine yang mampu menampung 10.000 jamaah. Untuk mencapai lantai mezzanine dapat menggunakan tangga yang terdapat di 4 menara sudut dan juga di sisi kiri dan kanan bangunan.

Lantai Atap tidak dipergunakan sebagai ruang sholat. Pada lantai atap hanya terdapat unit Chiller sebagai pendingin ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar